Jumat, 09 September 2011

passing atas bola voli


Kata pengantar

                Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan nikmat, sehingga penulisan Makalah yang berjudul “Efektivitas Pembelajaran Teknik Passing Atas Permainan Bola Voli dengan Pendekatan Bermain Permainan Kepala Beranjau.” Dapat terselesaikan.
          Makalah ini merupakan laporan hasil pembelajaran yang telah penulis terapkan di lapangan dan semoga dapat menjadi masukan bagi rekan-rekan guru Pendidikan Jasmani dalam menerapkan pembelajaran bagi siswa di sekolah masing-masing.
          Penulis menyadari bahwa penulisan Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu saran serta kritik dari semua pihak untuk perbaikan makalah ini sangat penulis harapkan.
          Semoga semua bantuan dan saran yang telah diberikan kepada penulis mendapat balasan dari Allah SWT, Amin.
Passing Atas
*      Cara pelaksanaannya :
Pada dasarnya pass atas adalah bola tangkap diatas, sentuhkan kekening dan lontarkan kembali keatas, tetapi karena proses gerakan tersebut dilakukan dengan sangat cepat, maka bola terlihat seperti dipantulkan.
ü  Pemain melakukan sikap siap.
ü  Badan dijulurkan keatas dengan meluruskan tungkai, bersamaan dengan menjulurkan kedua tangan keatas, sikap jari seperti hendak merangkum bola.
ü  Tungkai ditekuk kembali sampai lutut membuat sudut 135º, posisi lengan ditekuk didepan muka diatas kening dan bola disentuh oleh ujung jari² tangan.
ü  Tungkai dijulurkan kembali sampai berjingkat dan  bola dilambungkan kedepan atas dengan jari dan bantuan lengan yang digerakkan sampai lurus keatas.
ü  Kembali kepada sikap siap.



*   Macam-macam passing atas :

1.    Pass Atas Normal
2.    Pass Atas Setengah Bergulir Kebelakang
3.    Pass Atas Bergulir Kesamping
4.    Pass Atas Meloncat

Dalam pelaksanaan pembelajaran teknik dasar passing atas ini digunakan satu bentuk pendekatan bermain dengan permainan “Kepala Beranjau.”

Tujuan Permainan :
1. Melatih keberanian dalam melakukan passing atas
2. Melatih ketepatan passing atas
3. Melatih kerjasama tim
4. Melatih sportifitas


*      Teknik passing atas bola voli
1.    posisi awal kaki meregang dan lutut agak di tekuk
2.    passing bola saat berada di atas kepala dengan kedua tangan
3.    jari-jari terbuka dan membentuk huruf "w"
4.    lecutkan bola ke atas dengan menghentakkan lengan lurus ke atas




Tidak ada komentar:

Posting Komentar